Sabtu, 19 Agustus 2017

JADILAH SEPERTI YANG KAU INGINKAN

JADILAH SEPERTI YANG KAU INGINKAN

5Selamat hari minggu!
Salah satu kebahagian bagi setiap orang adalah ketika menemukan apa yang kita cari dan memperoleh apa yang kita inginkan. Nats kotbah minggu ini dsriMatius 15:21-28 menghadirkan narasi Yesus yang mengasihi seorang perempuan Kanaan memiliki iman yang sangat besar oleh iman yang sangat besar dan akhirnya Yesus memberikan apa yang diinginkannya, yaitu kesembuhan putrinya.
Yesus bukan hanya melayani di daerah Basis Yahudi, tetapi juga ke non Yahudi. Dalam lotbah minggu ini Yesus pergi ke Tirus dan Sidon, kota  paling utara Peta Palestina  (untuk mengetahuinya lihatlah bagian belakang alkitab anda). Tempat ini sudah sangat Jauh dari Palestina, sekalipun Yesus telah menyingkir dari keramaian namun lihatlah ke mana pun Yesus pergi akan selalu ada orang yang berdatangan hendak mendengarkan kotbah, pengajaran dan kesembuhan. Orang yang datang kepada Yesus juga bukan hanya dari kalangan Yahudi, namun di luar Jahudi juga datang membawa orang sakit agar disembuhkan. Salah satunya dalam perikop ini perempuan Kanaan. Mungkin saja perempuan ini sudah lama mencari tabib untuk menyembuhkan putrinya yang dirasuhi roh jahat dan sangat menderita. Sebagai orang tua dia terus berusaha mencari kesembuhan putrinya. Mungkin juga dia sudah mendengar nama Yesus yang sangat terkenal. Perjumpaannya dengan Yesus tidak disiasiakan begitu saja. Dalam dialog yang sangat menggugah hati perempuan Samaria menunjukkan kwalitas imannya yang luar biasa. Sampai-sampai Yesus mengatakan: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.  (Mat 15:28)

Marilah kita belajar dari iman yang dimiliki perempuan Kanaan ini. Pertama, ketika dia datang MEMOHON, sekalipun seolah Yesus tidak menghiraukannya, hingga murid-murod menyarankan dia dipulangkan namun terus BERSERU agar putrinya disembuhkan. Akhirnya Yesus merespon dan berkata: "Aku diutus hanya kepada anak Israel yang hilang." Perempuan itu MENYEMBAH dan berkata: Tuhan tolonglah aku. Yesus menjawabnya: "tidak patut roti yang disediakan untuk anak-anak dilemparkan untuk anjing." Namun dia berhenti, sekalipun perkataan ini sangat keras namun perempuan itu menjawab:  "BENAR TUHAN, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Atas jawaban itu, Yesus melihat imannya yang besar dan seketika itu putrinya sembuh. Dia membenarkan apa yang disampaikan Yesus, tak ada hak untuk memperoleh kesembuhan, namun hanya mengharapkan belas kasihan. Tak ada hak kita untuk memperoleh ini fan itu dari Tuhan, namun hanya kebaikannya yang membuat kita memperoleh yangbkita harapkan. Inilah yang dimiliki perempuan Kanaan penyangkalan diri di hadapan Yesus Kristus, sepenuhnya hanya memohon belas kasihan.

Oleh iman perempuan Kanan memperoleh kasih Kasih karunia. Puterinya yang selama ini dirasuki roha jahat, seketika itu dia bebas dan sembuh. Kasih karunia bukanlah hanya untuk, orang Israel, yang disebut dengan umat pilihan dan bangsa Allah. Kasih karunia Tuhan Yesus terbuka untuk semua orang dan semua kalangan asal datang dan percaya kepada Yesus Kristus.

Dari kotbah minggu ini, kita dapat pelajaran yang berharga:
1. Banyak masalah dan pergumulan yang kita hadapi, Yesus datang dan mau memberikan solusi atas beban dan pergumulan yang kita hadapi.
2. Datang kepada Yesus di dalam iman dan kerendahan hati. Jangan cepat berputus asa jika permohonanmu belum direspon Tuhan, teruslah memohon dan dengan kesungguhan dan kerendahan hati
3. Perlu juga meneladani tanggungjawab orang tua yang berusaha sekuat tenaga agar anakna

Tuhan Yesus maha baik, Dia datang, merespon dan memberikan solusi atas apa yang kita gumuli.

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...