Rabu, 05 Juli 2017

JANJINYA TEPAT

JANJINYA TEPAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan di pagi hari ini sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis 06/07/2017

Yesaya 43:13 (TB)  Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku; Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?"

Isaiah 43:13 (UKJV)  Yea, before the day was I am he; and there is none that can deliver out of my hand: I will work, and who shall let it?

Ada dialektika dalam diri bangsa Israel ketika menjalani pembuangan. Di satu sisi mereka percaya kepada kemahakuasaan Tuhan, namun di satu sisi mereka sulit menerima kenyataan dalamnm pembuangan dan ketidak-berdayaan mereka atas kekuasaan Babilonia.  Tak banyak yang semakin ragu di manakah kemahakuasaanNya dan di manakah janjiNya? Bukankah mereka adalah umat pilihan dan Tuhan berjanji akan melindungi mereka dari bangsa asing, memberkati mereka panjang umur di tanah yang diberikan Tuhan Allah kepada mereka? Sulit menerima kenyataan hidup dalam pembuangan.

Yesaya nabi yang menyuarakan  pengharapan Mesianis bersama nabi-nabi lainnya. Bahwa Allah akan menepati janjinya membebas mereka dari Pembuangan Babel dan memulihkan keadaan Yerusalem.  Tidak ada kekuatan lain yang dapat membebaskan mereka. Keselamatan hanya ada si tangan Tuhan. Sekali Tuhan berjanji tidak ada yang dapat melepaskan Israel kecuali tangan Tuhan sendiri.

Yesaya menantang umat dalam pembuangan bahwa mereka akan menjadi saksi bahwa Tuhan akan menepati janjinya dengan membebaskan mereka dari pembuangan Babilonia. Karena itu jangan berpengharapan kepada ilah lain atau kekuatan apapun itu untuk menawarkan pembebasan alternatif atau nubuatan-nubuatan palsu yang memberitakan damai dan pembebasan umatNya atas nama Tuhan. Jangan percaya pada nubuatan yang enak di dengar namun jauh dari kebenaran. Mereka hanya nabi palsu yang menyesatkan. Tuhan sendiri akan membebaskan umatNya, namun mereka harus menjalani pembuangan untuk memurnikan mereka. Seperti pandai besi yang memurnikan besi setelah memasukkannya dalam tuangan peleburan atau seperti tukang perium yang membentuk seturut dengan kehendak tukang periuk.

Tuhan akan menepati janjiNya. Firmannya tidak pernah kembali sia-sia. Sekali Ia berfirman jadilah, maka jadilah demikian.
Yesaya 55:11 (TB)  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Sahabat yang baik hati! Inilah firman Tuhan yang meneguhkan kita kepada pengharapan. Tuhan itu maha kuasa apa yang difirmankannya akan digenapi seturut dengan kehendakNya. Inilah harapan bagi kita, Tuhan akan mendengar dan menjawab doa kita. Janjinya tepat waktu dan baik bagi kita.

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...