Minggu, 14 Mei 2017

MENCERITAKAN: KEADILAN, KEBENARAN DAN KESETIAAN TUHAN

MEMBERITAKAN: KEADILAN, KEBENARAN DAN KESETIAAN TUHAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah mengambil waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan di pagi hari ini sebagai sumber kekuatan dan inspirasi bagi kita. Senin 15/05/2017

Mazmur 40:10 (TB)  (40-11) Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar.

Mazmur 40:10 (UKJV)  I have not hid your righteousness within my heart; I have declared your faithfulness and your salvation: I have not concealed your loving kindness and your truth from the great congregation.

Saya pernah memperhatikan seorang anak Balita yang bermain di teras rumah, ketika ayahnya pulang dari pekerjaan, sang anak berlari ke dalam rumah sambil berteriak-teriak: "ayah pulang!", "ayah pulang!".  Teriakannya diberitahukan kepada ibu dan kakak-kakaknya. Mungkin hal seperti itu terjadi di rumah anda, mungkin itu saudara anggapmperistiwa biasa, namun sesungguhnya peristiwa seperti itu sangat bermakna.   Mengapa sang anak begitu gembira ? Secara psikologis itu bisa dibahas ayah kebanggaannya kembali, dia sudah hadir dan dia bisa bermain, merasa pelindungnya telah hadir bersamanya. Pelindungnya sudah datang, kebanggaannya telah ada bersamanya.

Perasaan atau suasana hati seperti anak di atas bisa sebagai contoh menjelaskan keadaan hati pemazmur dalam teks renungan di pagi hari ini. Dia gembira dan penuh sukacita atas keadilan, kesetiaan, keselamatan dan kebenaran Tuhan dalam hidupnya. Semuanitu tidak didiamkan namun diberitakan dan disaksikan kepada setiap orang. Pemazmur membicarakannya kepada setiap orang akan segala kebenaran dan kebaikan Tuhan. Pengalamannya yang berharga dengan Tuhan dibicarakan kepada jemaat.

Prinsip pemazmur menceritakan semua itu dihadapan jemaat yang besar adalah agar semua orang harus tahu bahwa keadilan Tuhan itu nyata dalam pengalaman real. Semua orang harus tahu bahwa keselamatan dan kebenaran Tuhan ada di tengah-tengahnumatNya. Dia setia memelihara dan melindungi milik kepunyaanNya.

Sekecil apapun pengalaman kita dalam hidup ini harus kita syukuri sebagai pemberian Tuhan. Jangan bandingkan hidupmu dengannorang lain. Pengalaman yang kau alami adalah bahagian dari keadilan dan kebenaran Tuhan.

Baiklah saya berikan contoh. Siput selalu cemberut terhadap katak. Lama kelamaan katak.menyadari hal itu, padahal tidak pernah berbuat salahn pada siput. Maka sang katak memberanikan diri menyapa siput. Katak berkata: mengapa selalu cemberut kepada kami? Siput pun menjawab: ini tidak adil, kami selalu terbeban oleh cangkang ini, jalan kami pun harus lambat tidak seperti kalian punya empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari. Sang katak pun menjawab: hidup ini punya kesusahannya masing-masing....belum selesai bicara sang katak diterkam oleh elang terbang diatas mereka. Spontan sang siput bergulung masuk ke cangkangnya. Sementara katak terbang bersama elang dan jadi santapannya. Sontak siput bersyukur. Untung ada cangkang ini, kalau tidak nasibnya akan sama seperti katak. Sejak itu siput selalu bangga bawa cangkangnya. Setiap mahluk punya kesusahannya masing-masing.

Apa yang ada padamu dan apa pengalamanmu bersama Tuhan itu yang penting diceritakan, bukan cerita hebat dan pengalaman yang dibuat-buat agar orang terkesan akan cerita menarik dari kita. Tetapi apa yang Tuhan perbuat dalam pengalaman hidup kita itu adalah keadilan dan kebaikan Tuhan. Siapapun dan bagaimana pun keadaan kita, kita ceritakan apa adanya. Kehendak Tuhan ada dalam pengalaman hidup yang kita alami. Dengan demikian semua orang tahu bahwa Tuhan itu baik. Dia setia, keadilan dan keselamatannya nyata dalam kehidupan ini, baik pada peristiwa besar dan ajaib, maupun peristiwa biasa dan sederhana.

Selamat menyaksikan keadilan, kebenaran dan kesetiaan Tuhan.

Sahabatku mari jadikan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi dalam hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...