Kamis, 23 November 2017

HIBURKANLAH SEORANG AKAN YANG LAIN

HIBURKANLAH SEORANG AKAN YANG LAIN

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 24/11/2017

1 Tesalonika 4:17-18 (TB)  sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.

1 Thessalonians 4:17-18 (RSV)  then we who are alive, who are left, shall be caught up together with them in the clouds to meet the Lord in the air; and so we shall always be with the Lord. Therefore comfort one another with these words.

Pada Minggu tanggal 26 Nopember 2017,  gereja-gereja akan merayakan Minggu Akhir Tahun Gereja atau disebut dengan Minggu Peringatan orang Meninggal. Biasanya nama-nama warga jemaat yang meninggal sepanjang tahun dibacakan melalui acara khusus. Peringatan ini bukan mau bermemori dengan orang meninggal, namun agar kita yang masih hidup mempersiapkan diri bahwa kita juga waktunya akan menghadapi kematian. Kemanakah kita setelah meninggal? Hanya dua konsekwensi hidup kekal bagi orang percaya dan hukuman kekal bagi orang yang tidak percaya.  1 Tesalonika 5:9 (TB)  Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Sekali pun demikian misteri kematian tetap menjadi pertanyaan setiap orang kemana roh orang meninggal? Apakah mereka mendahului kita yang masih hidup dalam kehidupan kekal? Pertanyaan itulah muncul di jemaat Tesalonika. Paulus menyampaikan bahwa orang mati telah bersama-sama dengan Allah.  1 Tesalonika 4:13-14 (TB)  Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan. Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.

Apa yang diejalaskan oleh Paulus menjadi penghiburan dan kepastian tentang kematian. Maka tugas kita adalah menghibur orang agar tidak terlalu larut dalam kesedihan, orang yang mati sudah bersama Tuhan. Sebagaimana kitabtahu bahwa dari tanah kembali ke tanah namun dari Allah kembali kepada Allah. Manusia terdiri dari tubuh dan roh. Tubuh ini dibentuk dari tanah liat dan akan kembali ke tanah. Namun roh kita kembali kepada Allah karena roh kita adalah milik Allah yang telah ditenus di dalam diri Yesus Kristus. Pengkhotbah 12:7 (TB)  dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang menganugerahkannya.

Dengan demikian tidak usalah terlalu memikirkan mereka yang telah meninggal.  Kita percaya bahwa mereka telah kembali bersama dengan Allah dan upah mereka adalah menerima mahkota kehidupan. Wahyu 14:13 (TB)  Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."

Yang utama adalah persiapkan diri menyongsong Tuhan. Tuhan Yesus akan datang dalam kemuliaanNya; menjemput orang-orang yang dikasihiNya. Seperti kedatangan sang pengantin hendak menjemput mempelai harus dipastikan siap sedia. Tidak seorang pun tahun kapan harinya, tetapi berjaga-jagalah. Sembari mempersiapkan diri menyongsong Tuhan dalam renungan ini kita harus saling memberikan penghiburan bagi orang yang berduka. Jangan larut dengan kesedihan akan kematian tetapi berilah penghiburan seorang akan yang lain. Dalam pengharapan kelak kita akan bersama-sama memasuki kehidupan kekal. Bersukacita menikmati suasana sorgawi di tempat yang dipersiapkan bagi orang percaya.

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...