Sabtu, 25 Februari 2017

KEPEMIMPINAN ADALAH AMANAH

Selamat Hari Minggu! Firman Tuhan dari Mazmur 2:1-12 ini sangat baik untuk kita renungkan akan tugas dan tanggung jawab pemimpin. Tugas dan pekerjaan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.  Tampil sebagai orang yang diurapi Tuhan. Mazmur 2 disebut nazmur raja menjelaskan akan kedaulatan Tuhan atas raja-raja di dunia.

Tuhan berkuasa dan berdaulat atas bangsa-bangsa. Tiada guna berusaha untuk meniadakan Tuhan dan mereka-reka kejahatan. Tuhan bisa murka. Koalisi jahat hanya akan mendatangkan kemurkaan Tuhan. Sebaliknya,  permufakatan baik dengan didorong takut akan Tuhan akan mendatangkan kemanfaatan yang baik.

Mazmur 2 ini mengaskan Raja atau pemimpin adalah wakil Tuhan, yang dipanggil, dipilih dan diurapi untuk menegakkan keadilan, melindungi dan mensejahterakan rakyat. Status anak Allah, bagi raja melekat pada tugas dan tanggungjawabnya mewujudkan kehendak Allah. Tiada kuasa raja atau pemimpin  dari dirinya sendiri. Kuasa raja ada dari Tuhan, maka raja harus taat dan takut kepada Tuhan.

Raja harus bijak dalam segala keputusannya, salah-salah akan mendatangkan kesengsaraan bagi rakyat. Maka raja atau pemimpin senantiasa memohon hikmat, meminta nasihat dan petunjuk Tuhan. Raja atau pemimpin tidak sendirinya bijak dan tahu segala hal namun akan lebih bijak dengan memberdayakan seluruh potensi dan meminta pertimbangan dari para penasihat.

Selamat hari Minggu, Tuhan memberkati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...