Rabu, 31 Januari 2018

TUHAN PAHLAWAN YANG MEMBERIKA KEMENANGAN

TUHAN PAHLAWAN YANG MEMBERI KEMENANGAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah gunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tujan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis 01/02/2018

Zefanya 3:17 (TB)  TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,

Zephaniah 3:17 (RSV)  The LORD, your God, is in your midst, a warrior who gives victory; he will rejoice over you with gladness, he will renew you in his love; he will exult over you with loud singing.

Dalam zaman kerajaan kuno, Pahlawan dalam peperangan adalah kunci utama memenangkan pertempuran. Pahlawan ini adalah seseorang yang dianggap memiliki kemampuan luar biasa diatas kemampuan manusia biasa.  Seorang pahlawan akan maju ke medan pertempuran dengan segala kekuatan dan kesaktiannya mengalahkan musuh. Pasukan perang akan bersemangat jika pahlawan mereka berada bersama mereka menghadapi musuh. Keberanian dan percaya diri akan bertambah jika mereka bersama dengan pahlawan perangnya.

Hal seperti ini juga yang dijelaskan oleh nabi Zepanya untuk menyakinkan umat Allah menghadapi musuh-musuhnya. Allah adalah pahlawan mereka yang hadir di tengah-tengah mereka menghadapi musuh. Jika Allah di pihak kita siapakah musuh yang menentang kita? (Band Rom 8:31). Allah itu gagah dan perkasa, Dia adalah pahlawan gemilang dalam peperangan. Mazmur 24:8 (TB)  "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!"

Zepanya melayani zaman Raja Yosia dan raja-raja terakhir di Yehuda. Mungkin sejajar dengan jaman Yeremia dan nabi-nabi kecil lainnya pada masa menjelang Yehuda ke pembuangan. Tema hari Tuhan sangat penting bagi Zepanya: penghukuman Tuhan atas bangsa-bangsa dan umatNya. Zepanya dalam pasal 2 juga menyampaikan nubuatan hukuman kepada beberapa negara: Filisyin, Moab dan Amon, Assyur dan Mesir. Hal ini menyakinkan umat Allah bahwa Allah berperang demi umatNya dan akan memberikan hukuman bagi bangsa asing yag mengancam dan menekan umat Israel.

Tuhan pahlawan bagi umatNya bukan saja pembawa kemenangan dalam perang tetapi memberikan sukacita, membaharui umatNya dan penuh sorak-sorai. Peristiwa yang membawa kemenangan harus memperbaharui mereka, berubah untuk kebih taat memelihara perintah Allah.

Sahabat yang baik hati! Siapakah pahlawan kita dalam perjalanan hidup kita? Pernah seorang ibu memposting anak kebanggaannya yangbulang tahun dan menyebutkan: "selamat ulang tahun ya pahlawanku!" Pahlawan disini adalah harapan yang besar dan kebanggaan. Pembawa nama yang harum dan kejayaan keluarga. Mungkin setiap orang memiliki perbwdaan hal siapa pahlawannya dalam hidupnya, yang memotivasi dan membuat hidupnya bersemangat dan bergembira. Saat ini firman Tuhan hadir dan memberitahukan Allah sendirilah pahlawan kita yang memberikan kemenangan dalam perjuangan hidup kita masing-masing. Jangan kecut dan tawar hati, Tugan pahlawan kita bagi orang yang dikasihiNya.

Sahabatku, di manapun saudara berada biarlah segala kebaikan dan kasih karunia Tuhan Yesus menyertai saudara. Amin!

Salam #nekson m simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...