Jumat, 26 Januari 2018

BERSINERGI DALAM PELAYANAN

BERSINERGI DALAM PELAYANAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah gunakan waktu sejenak di pagi hari ini untjk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 26/01/2017

 1 Korintus 3:6 (TB)  Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. 

1 Corinthians 3:6 (RSV)  I planted, Apol'los watered, but God gave the growth.

Bacalah iklan penerimaan Lowongan Kerja dan perhatikan syarat-syaratnya, selain strata dan skill yang dibutuhkan sering dimuat salah satu syarat kerja adalah "dapat bekerja sama" atau kooperatif. Mengapa hal ini penting? Dalam satu perusahaan tentu bukan skill pribadi ansih yang dibutuhkan, tetapi bagaimana mengelola skill pribadi (SDM) yang dapat bekerja sama dengan unit-unit lainnya untuk mencapai hasil yang optimal sebagai mata rantai yang terhubung yang satu dengan lainnya. Demikian halnya tim sepak bola, skill indivisu tidak akan berdaya jika tidak ada kerjasama dengan rekan sekerja lainnya. Semua akan amburadul dan kalah dalam setiap pertandingan jika hanya mengandalkan skill pribadi.

Permasalahan di jemaat Korintus juga demikian, penonjolan kelompok-kelompok yang mengatasnamakan penginjil favorit mereka membuat mereka terpecah dan terkotak-kotak. Semuanya menonjolkan kelompoknya: ada kelompok Kefas, Apolos, Paulus dan Kristus dan akhirnya terjadilah perpecahan. Apa dampaknya? Gereja kerdil, iman kering serta missi gereja kosong. Energy dan potensi yang ada habis terkonsentrasi pada konflik menyerang kelompok yang lain. Bergulat dalam perpecahan yang tidak berguna.

Disinilah kelebihan Paulus dalam memberikan resolusi konflik perpecahan di Korintus. Dia menganjurkan suatu sinergitas.  Semua kelompok memiliki kelebihan dan potensi masing-masing, namun kelompok lain janganlah dianggap tak berguna apalagi sebagai musuh, tetapi harus saling menghargai karena ada sinergitas. Menerima suatu kenyataan adanya perbedaan dan fungsi masing-masing yang sangat berguna. Paulus menabur, Apolos menyiram dan Kristuslah yang memberikan pertumbuhan.

Sahabat yang baik hati! Ngefans merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam hidup sehari-hari. Itu bagus namun alangkah lebih bagus lagi jika ditambahkan sikap menghormati yang lain. Bahkan melihat suatu ruang sinergis dari berbagai perbedaan yang ada. Nats renungan pagi ini sungguh merupakan hal yang sangat bermanfaat agar kita semakin dewasa dalam melihat dan menilai perbedaan. Berbeda itu rupanya kekayaan dan potensi yang luar biasa dalam membangun persekutuan. Apalagi dengan kosep pemberdayaan. Jika semua pengkotbah siapa pendengar, jika semua pemain musik siapa berperan di pelayanan diakonia dll. Peran apapun yang kita lakukan hendaklah dibangun diatas dasar persembahan yang harum bagi Tuhan, bukan pada pujian diri yang sempit.

Sahabatku, dimana pun anda berada, biarlah segala kebaikan da  kasih karunia Yesus  Kristus menyertai saudara. Amin

Salam
#nekson m simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...