Sabtu, 14 Oktober 2017

FIRMAN ITU ADA DI DALAM HATIMU

FIRMAN ITU ADA DALAM HATIMU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita mengunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan mendengarkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu 14/10/2017

Ulangan 30:14 (TB)  Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.

Deuteronomy 30:14 (RSV)  But the word is very near you; it is in your mouth and in your heart, so that you can do it.

Jika kita baca keseluruhan pasal 30-34 kitab Ulangan, ini merupakan pesan-pesan terakhir dari Musa untuk umat Israel. Penekanan Musa adalah agar mereka sungguh-sungguh memelihara dan melakukan firman Allah,  Taurat dan perintahNya. Tidak ada alasan bagi umat Allah untuk tidak melakukan firman, apalagi dialaskan dengan kami tidak tahu atau kami tidak pernah mendengarkan Tuhan berfirman. Dalam renungan di pagi ini diingatkan bahwa Firman itu tidak jauh dari mereka, firman Tuhan justru ada di dalam mulut mereka sendiri dan ada di dalam hati mereka sendiri. Apalagi mereka akan memasuki dunia baru yaitu Tanah Perjanjian. Banyak kebutuhan yang akan mereka kejar,  Banyak tantangan yang mereka hadapi. Di dlaam semua itu apakah kekuatan bagi mereka? Renungan pagi ini menjawab:  Mereka akan hidup dan panjang umur di tanah yang Tuhan berikan jika setia melakukan Firman Tuhan.

Firman itu tidak jauh atau berada jauh di atas langit. Firman itu tidak begitu sukar dipahami, sama sekali tidak, justru Allah telah berfirman melalui hamba-hambaNya dalam bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh bahasa manusia. Firman Allah itu bukan pula berada jauh di seberang lautan, sehingga harus memyeberangi lautan untik mendapatkannya. Tidak ada alasan bagi setiap orang, oh kami tak pernah mendengarkannya , jadi wajar kami tak melakukan kehendakNya. Selain melalui hamba-hambaNya, Allah juga menuliskan firman dalam loh batu yang diterima Musa di Sinai  Bukan hanya itu, Allah sendiri telah memberikan  Firman itu terdapat di hati setiap orang. Roh Kudus telah turun atas orang percaya, memimpin dan menggerakkan setiap orang untuk mengenal kehendak Allah. Roh mendorong orang untuk melakukan kehendak Allah dalam hidupnya.

Apa yang maud diajarkan renungan pagi ini bahwa Firman Allah tidak hanya tertulis dalam dua loh batu yang diterima Musa. Sehingga orang berkata kami tidak pernah mendengar firman Tuhan. Atau orang yang buta huruf berkata, kami tak pernah membaca perintah Tuhan karena kami buta aksara. Yeremia mengatakan bahwa Allah sendiri menuliskan Tauratnya di dalam hati manusia. Yeremia 31:33 (TB)  Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
Paulus dalam Rom juga mengatakan, bukan hanya untuk orang Israel meneriman Firman, non Yahdi juga menerima Firman yaitu di dalam suara hati mereka. Roma 2:15 (TB)  Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Jadi tidak ada alasan bahwa setiap orang berkata kami tidak tahu Firman sehingga kami tidak melakukannya. Tuhan telah menuliskan kehendakNya di dalam hati kita masing-masing, di dalam batin bahkan di dalam mulut kita. Kata-kata yang baik, yang membangun dan memotivasi orang untuk melakukan kebaikan adalah firman. Tuhan memakai mulut setiap orang untuk memberitakan firmanNya.

Sahabat yang baik hati! Firman iitu tak jauh dari kita, firman itu ada dalam diri kita dan kita mengetahui itu masalahnya adalah: kita sudah tahu apa yang baik, apa yang berkenan di hadapan Tuhan dan apa yang diperintahkanNya, namun kita tidak melakukannya. Renungan di pagi ini memgingatkan kita untuk melakukan firmanNya dalam hidup kita.

Ingatlah: yang berbahagia adalah orang yang mendengarkan Firman Tuhan serta memeliharanya dalam hidupnya. Amin

#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...