Selasa, 03 Januari 2017

BERHARAP PADA FIRMAN

BERHARAP PADA FIRMAN

Selamat pagi! Renungan harian baginkita di pagi hari ini 4/01/2016 tertulis pada :
Mazmur 119:147 (TB)  Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu.
Psalms 119:147 (UKJV)  I prevented the dawning of the morning, and cried: I hoped in your word.

Jika kita membaca Mazmur 199 dalam bahasa Ibrani, mazmur ini disusun berdasarkan alfabetis dari huruf Alef, Beth, Gimel dan seterusnya sampai huruf terakhir Tau dan masing-masing 8 ayat. (tentu hal ini tidak kelihatan dalam terjemahan). Mazmur uni disusun sejajar dengan huruf-huruf A - Z delapan bait pertama A, 8 bait kedua B demikian seterusnya sampai ke Z. Ini suatu mazmur yang indah: jika huruf hurus adalah membentuk katadan kata membentuk kalimat maka demikianlah mazmur ini menggambarkan seluruf huruf, kata dan kalimat mengungkapkan kemuliaan Allah dan kuasa firman dalam kehidupan orang beriman.

Jika kita perhatikan keseluruhan dari Mazmur 119 menggambarkan keagungan  Tuhan dan kerinduann pemazmur akan Firman Tuhan. Firman adalah dasar kehidupannya. Pemazmur tidak dapat dipisahkan dari firman Tuhan. Lihatlah seperti renungan di pagi ini: pagi-pagi buta, sesaat setelah bangun pagi dia berharap pada firman. Pekerjaan yang dilakukan pertama setelah bangun pagi adalah membaca firman dan berharap pada kuasa firman. Ini ciri orang saleh yang memiliki kerinduan akan firman siang dan malam (Band Mazmur 1). Tidak ada pengharapan lain selain kuasa firman. Bagi pemazmur firman itulah yang menghidupkan dan memberikan segala apa yang diharapkan. Berharap kepada firman sekaligus membuat refleksi bahwa apa yang dikerjakan seturut dengan firman Tuhan. Berharap kepada kuasa firman berarti mendasarkan segala pekerjaannnya seturut kehendak Allah.

Dapat kita bandingkan kepada kita masing-masing; ketika kita bangun duduk,  berdoa dan membaca firman: setelah itu kita melihat dan memgingat jadwal pekerjaan kita seharian. Apakahnkekuatan kita dalam melaksanakan seluruh pekerjaan ini? Renungan hariam di pagi ini menginsipirasi kita tidak ada kekuatan selain firman Tuhan. Firman Tuhan juga menggerakkan kita agar seluruh apa yang kita kerjakan tidak bertentangan dengan Firman.

Marilah meneladani mazmur ini dalam kehoduoan kita sehari-hari. Membaca Firman Tuhan dan hanya berpengharapan kepada firman merupakan aktifitas pertama yang dilakukan setiap hari. Mazmur ini menjadi contoh bagi kita bahwa melakukan segala kegiatan dan aktifitas dalam hidup ini seturut dengan Firman Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...