Senin, 23 Januari 2017

TUHAN ITU BAIK:

TUHAN ITU BAIK: MENCARI KEHENDAK ALLAH

Selamat Pagi! Saudaraku yang kekasih marilah kita ambil waktu sejenak untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi bagi kita hari ini, Selasa 24/01/2017 yang tertulis pada Mazmur 135:6 (TB)  TUHAN melakukan apa yang dikehendaki-Nya, di langit dan di bumi, di laut dan di segenap samudera raya;
Psalms 135:6 (UKJV)  Whatsoever the LORD pleased, that did he in heaven, and in earth, in the seas, and all deep places.

Setelah membaca firman ini tentu kita terbayang akan kebaikan Tuhan bagi kita ciptaannya. Segala sesuatu diciptakan Dia, langit bumi, laut dan segala isinya dan seluruh ciptaan itu baik adanya. Baik bukan hanya dari sudut estetika namun baik karena tertata dan mendatangkan kebaikan bagi seluruh ciptaanNya. Allah bukan hanya mencipta tetapi Allah tetap memelihara ciptaanNya. Pemeliharan Tuhan terhadap ciptaanNya sangat sederhana dijelaskan oleh M.Luther dalam Katekhismus yaitu: Dia menyediakan segala sesuatu bagi kita, Dia menyediakan apa yang kita butuhkan dan Dia menyediakan sandang, pangan dan papan serta apa yang kita butuhkan. Bukan hanya itu Dia memelihara hidup kita. Allah menyediakan kebutuhan kita dan mendatangkan kebaikan kepada manusia dan ciptaan lewat ciptaanNya.

Mazmur di pagi ini menyapa kita: Allah melakukan apa yang dikehendakiNya, di langit, bumi, laut dan samusera raya. Ini suatu pengakuan pemazmur bahwa semuanya ciptaannya adalah diatur oleh Allah. Perputaran galaksi, perputaran bumi dan angkasa seluruhnya diatur oleh Tuhan  sesuai dengan poros dan perputarannya. Ketika Astronot Amerika sampai ke bulan, hal pertama yang dilakukannya adalah sujud dan bersyukur atas keajaiban dan keagungan Tuhan lewat ciptaanNya. Karena seluruhnya adalah mujizat yang tak terhingga:  lewat alam raya logika manusia semakim bertanya bagaimana kuasa Tuhan menata dan mengatur seluruh ciptaanNya. Ini yang harus kita syukuri bahwa Tuhan itu baik dan melakukan apa yang dikehendakinya atas alam raya ini.

Namun kita juga bisa membuat suatu refleksi atas pengalaman hal buruk yang dialami manusia lewat bencana alam. Jika semuanya ada dibawah kekuasaan Tuhan mengapa ada fenomena alam yang mendatangkan hal buruk bagi manusia? Kita harus pahami bahwa bencana alam bisa kita pisahkan pada dua bahagian: bencana alam oleh fenomena alam dan bencana alam oleh ulah manusia. Bencana oleh manusia adalah dapat dianalisis bahwa kerusakan alam oleh ulah manusia membuat manusia mengalami bencana seperti longsor dan makin panasnya bumi, cuaca ekstrim semakin tipisnya lapisan ozon dll merupakan bencana alam dampak dari ulah manusia. Namun ada pula bencana disebabkan oleh fenomena alam seperti gunung meletus, gempa bumi dll. Firman ini meyalinkan kita bahwa segala sesuatu yang ada dibumi ini diketahui dan diatur oleh Tuhan. Tidak ada sesuatu kejadian di alam ini yang tidak diketahui oleh Allah dan tidak ada yang terjadi diluar kehendakNya. Melalui mazmur ini kita diyakinkan bahwa dibalik hal buruk yang dialami oleh manusia, mengundang kita mencari makna apa yang dikehendaki Allah atas apa yang dialami oleh manusia.

Dengan demikian dalam setiap hal yang kita alami baik hal baik dan hal buruk, hal yang selalu kita tanyakan adalah apakah kehendak Tuhan di balik semua yang terjadi di alam raya dan dalam pengalaman hidup kita? Allah bekerja bukan hanya pada hal baik yang membuat kita bahagia, tertawa dan senyum. Tetapi Allah juga bekerja ketika hal buruk dan pengalaman pahit yang membuat kita memasuki suatu situasi yang menderita seperti pada diri Ayub. Dibalik semua yang alami ada kehendak Allah yang hendak dinyatakan dan rencana indah dari Tuhan.

Dalam setiap yang terjadi dalam hidup kita baik hal buruk maupun hal baik yang terjadi dalam hidup kita, marilah kita selalu bertanya kepada Tuhan: apakah yang dikehendaki Tuhan dari semua ini? Tentu jawaban tidak selalu kita temukan kini, tapi lusa dan kelak mata kita terbuka dan hati kita paham bahwa semuanya oleh karena kehendakNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...