Minggu, 01 Januari 2023

Manusia Hidup Bukan Dari Roti

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 2 Januari 2023


MANUSIA HIDUP BUKAN HANYA DARI ROTI


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merwnungkan Firman Tuhan.


Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." 


Matthew 4:4 (UKJV)  But he answered and said, It is written, Man shall not live by bread alone, but by every word (o. rhema) that proceeds out of the mouth of God. 


Sahabat yang baik hati! Kita hidup mencari roti, itu adalah wajar karena kita membutuhkan roti. Siang dan malam, berlelah dan berpeluh demi mencari nafkah. Kita harus ingat bahwa manusia hidup bukan hanya dari roti saja. Roti yang kita peroleh hanyalah energi dalam tubuh agar bisa bertumbuh. Namun ada kebutuhan manusia yang lebih utama dari roti, yaitu kehidupan itu sendiri. Yesuslah Roti Kehiduoan. 


Manusia tidak dapat menciptakan roti yang membuat hidup. Manusia hanya bisa membuat roti untuk membuat kenyang. Namjn Roti yang membuat  dan menjadika kita hidup adalah Roti hidup. Sebagaimana tertulia dalam Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."  Dengan demikian janganlah hanya mencari roti yang terbuat dari tepung dan memberi rasa keyang yang kemudian kita bisa lapar dan haus lagi. Melengkapi itu semua tetaplah mencari roti hidup yaitu dengan percaya kepada Yesus Kristus menyediakan kehidupan yang kekal bagi kita. 


Bangsa Israel mangagungkan "roti" yang membuat nenek moyang mereka selama perjalanan di gurun. Roti ini disediakan Allah agar mereja bisa hidup. Manna diyakini sebagai roti hidup. Namun itu adalah suatu kekeliruan besar, karena manna sangat terbatas waktunya, manna hanya tersedia dipagi hari dan umatpun mengambil sesuai kebutuhan mereka. Dimakan hari ini kemudian lapar lagi. Itu membuktikan bahwa mereka tidak hidup hanya dari manna saja, tetapi.kehiduoan mereka sangat tergantung kepada Fimena Tuhan yang menuntun dan mengarahkan apa yang harus mereka lakukan selama perjalanan. Jadi mereka hidup bukan karena roti tetapi Firman Tuhan yang disampaikan selama perjalanan melewati padang gurun sampai ke tanah Perjanjian. 


Yesuslah roti hidup, barang siapa yang percaya kepadanya ridak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 6:35 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.


Marilah menerima roti hidup dengan memperhatikan pertubuhan rohani kita melalui doa, ibadah dan  membina relasi kita dengan Tuhan Yesus. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...