Senin, 02 Januari 2023

KUAT DAN TEGUHKANLAH HATIMU

 https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0Xw57mWYZcggNezw5JV7tKeCPyXUPQH55qnq61HYQYkxPcXD9tx7VsysBD1y7ys6Wl&id=100063523332048&sfnsn=wiwspmo&mibextid=6aamW6

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Rabu, 3 Januari 2023


*KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU!*


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan. 


Ulangan 31:6 (TB)  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."


Deuteronomy 31:6 (UKJV)  Be strong and of a good courage, fear not, nor be afraid of them: for the LORD your God, he it is that does go with you; he will not fail you, nor forsake you. 


Salah satu yang paling dibutuhkan seseorang saat menerima tugas baru adalah pengukuhan. Dalam pengukuhan ditekankan agar orang yang menerima tugas tersebut yakin dan percaya bahwa dia dapat melakukan tugas tersebut dengan baik dan sesuai dengan ketentuan dan petunjuk kerja yang ada. Demikianlah dalam renungan pagi ini Musa atas perintah Tuhan menyampaikan pidato terakhir di tengah-tengah umat Israel. Dia memberkati kedua belas suku-suku Israel. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan tongkat kepemimpinan dengan mengukuhkan Yosu sebagai pemimpin Israel. Yosua dipilih Tuhan memimpin bangsa Israel untuk memasuki dan menduduki tanah Kanaan.


Dalam nas renungan pagi ini, Musa memberkati dan meneguhkan Yosua untuk memimpin bangsa Israel dan berpesan agar tetap setia memelihara perintah Tuhan. Yosualah yang dipilih Tuhan untuk menggantikan estapet kepimpinan di tengah-tengah Israel. Musa sendiri telah diberitahukan bahwa Musa hanya dapat menghantarkan Israel dan dari bukit Nebo, Musa telah menatap bahwa tanah Kanaan atau perjanjian itu telah dapat dilihat dsri bukit Nebo. 


Apa yang dilakukan oleh Musa ini adalah suatu kebesaran hati seorang pemimpin. Bagaimana Musa telah berjuang melawan Firaun dan dengan segala kekuatan padanya memimpin bangsa aistael selama di Padang gurun. Musa menyadari sepenuhnya tugas yang diberi membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dan memimpin mereka selama 40 tahun di padang gurun. Atas perintah Tuhan, Musa menyadari tugasnya telah selesai dan selanjutnya mempercayakan kepada Yosua seturut dengan perintah Tuhan. Musa meyakinkan dan meneguhkan Yosua, Allag sensir menjadi kekuatan baginya dalam memimpin bangsa Israel memasuki dan menduduki tanah Kanaan. 


Tugas Yosua sangat berat yaitu menduduki Tanah Kanaan;  tanah yang dijanjikan oleh Tuhan Allah kepada Abraham, Ishak dan Yakub. Tanah yang penuh susu dan madu. Untuk menduduki Kanaan, Yosua akan berhadapan dengan beberapa suku bangsa yang telah menduduki Kanaan sebelumnya, sebagaimana telah sampaikan kepada Musa. Keluaran 3:17 (TB)  Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.


Jangan kecut dan tawar hati, Tuhan akan menyertai dan menopang Yosua dan bangsa Israel dalam menduduki tanah Kanaan. Sekalipun suku-suku bangsa di Kanaan lebih beaar, lebih hebat dan lebihnkuat dari mereka. Percaya, Tuhan telah memberikan negeri itu sesuai dengan janji Allah. 


Dalam kitab Yosua 1:9, peneguhan Musa ini diulangi kembali dan sebagai pemimpin Yosua harus taat kepada perintah Tuhan, dan Hukum yang telag diberikan Tuhan di Si ai menjadi pedoman bagi mereka, jangan menyimpang ke kiri atau kekanan, tetapi setia menuruti peri tah Tuhan. 


Tuhan adalah kekuatan dan kuasanya besar dalam menghadapi segala tantangan. Itu jugalah menjadi pegangan bagi kita di awal tahun ini. Kita tidak tahun tantangan apa yang akan kita hadapi, tetapi kuat dan teguhkan hati bersama Tuhan akan kita jalani tahun 2023 ini dengan kekuatan dari Tuhan. 


Sahabat yang baik! Mari lakukan dan meyakinkan kita semua l, Tuhan menyertai setiap aktifitas dengan berpedoman kepada Firman Tuhan. Jangan kecut dan tawar hati, Tuhan menolong dan sumber kekuatan kita.


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...