Minggu, 07 Juli 2024

ORANG BAIK MENDATANGKAN BERKAT

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 8 Juli 2024




ORANG BENAR MENDATANGKAN BERKAT 


Selamat Pagi! sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan. 


Amsal 10:7 (TB)  Kenangan kepada orang benar mendatangkan berkat, tetapi nama orang fasik menjadi busuk. 


Proverbs 10:7 (UKJV)  The memory of the just is blessed: but the name of the wicked shall rot.


Sahabat yang baik hati ada dua jenis pribadi diperhadapkan kepada kita pada renungan hari ini: orang benar dan orang fasik. Orang baik  mendatangkan berkat dan orang fasik menjadi busuk.  


Orang baik akan menjadi berkat ini merupakan rumus kehidupan yang berlaku dimana pun. Dimana pun dan kapanpun orang baik akan mendatangkan berkat dan kebaikan bagi orang baik. Buah pemikiran dan hasil pekerjannya berguna bagi orang lain. Orang baik berkarya bukan berorientasi untuk pujian diri sendiri atau keuntungan sendiri, tetapi orang baik melakukan sesuatu di dalam hidupnya untuk menghasilkan kebaikan bagi orang lain. 


Menjadi orang baik memang sulit, karena kadang perbuatan baik ditolak atau dianggap lain oleh orang lain. Maik menurut kita belum tentu baik menurut orang lain. Itulah sebabnya kebaikan tidak selalu diterima dengan baik, kadang diejek, dihina, ditolak bahkan dicemoohkan. Namun kebaikan tetaplah kebaikan, kebaikan orang baik akan bertumbuh dan waktunya akan berbuah. Sehingga orang yang menghinanya kan sadar dan orang yang menolaknya akan menyesal.  


Berbuat baik memang sulit, itulah sebabnya Yesaya mengingatkan: "Belajarlah berbuat baik, usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam." (Yesaya 1:17). Berbuat baik harus terus belajar agar erbuatan baiknya, baik, benar dan tepat. 


Berbuat baik terus belajar, orang baik harus rela berkorban, pamrih dan tulus untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain. Kadang harus menahan perasaan demi kebaikan itu sendiri. Orang baik mendatangkan berkat sekaligus menjadi renungan pribadi siapakah aku? Mungkin masih jauh dari orang baik, tepi berusaha menjai orang baik. 


Renungan pagi ini, mengingatkan kita orang baik akan menjadi berkat. Sebaliknya orang fasik akan menjadi busuk. Orang baik bisa saja akan ditolah, dilecehkan bahkan diabaikan namun kebaikan akan tetap kebaikan. Sebaliknya orang fasik bisa saja disambut dan dielu-elukan sesaat, karena pintar memanipulasi, mempropaganda dan cepat memenangkan hati orang, tetapi dasar orang fasik dengan tujuan yang licik dan tidak tulus pada akhirnya akan busuk. Benar ungkapan: sepintar-pintar orang menyembunyikan bau busuk akan kecium juga. 


Inilah bedanya kehadiran orang baik dan fasik. Orang baik akan menjadi berkat, terkadang ditolak bahkan diabaikan orang namun kebaikan akn terus bertumbuh dan berbuah, dirasakan dan dinikmati orleh orang lain. Sebaliknya orang fasik bisa saj lihai dan pintar melakukan propaganda, namun akhirnya akan ketahuan. 


Renungan pagi ini mengingatkan kita anak-anak Tuhan, dipanggil dan dijadikan anakNya; anak-anak Tuhan yang baik hati untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Amin


Salam dari Pdt Nekson M Simanjuntak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORSNG BENAR HIDUP OLEH IMAN

 Kotbah Minggu XX Stlh Trinitatis Minggu, 13 Oktober 2024 Ev: Habakuk 2:1-4 ORANG BENAR HIDUP OLEH IMAN Selamat Hari Minggu! Sahabat yang ba...