Minggu, 30 November 2014

PADUAN SUARA DAN SENI KEPEMIMPINAN

Paduan Suara - Seni Kepemimpinan

Setiap ada festifal koor, yang terpikir dibenakku adalah seni kepemimpinan. Itulah yang terpikir dibenakku dalam menyaksikan festifal Paduan suara HKBP dalam rangka Perayaan Puncak tahun Remaja pemuda HKBP pada tanggal 29 Nop 2014 di Medan.

Bagi saya setiap anggota paduan suara yang bagus akan melahirkan pemimpin yang bagus dalam bidang dan pekerjaannya masing-masing. Hal itu menurut saya tidaklah berlebihan kerena memang jika kita menelisik tentang proses dan dinamika di dalam suatu paduan suara sungguh akan mengagumkan. Di dalam paduan suara seseorang dapat belajar mengembangkan diri dalam banyak hal: pengalaman bagaimana dipimpin, mengelola waktu, menata harmoni, mendengar dan memahami orang lain, solidaritas, keinginan belajar, solidaritas dan lain2. Sungguh banyak hal akan ditempa secara sengaja dan tidak sengaja dalam diri seorang anggita paduan suara.

Setiap anggota paduan suara memberi dirinya secara iklas untuk dipimpin, diatur dan diarahkan oleh seorang kondak. Hal ini sangat penting, pemimpin yang baik adalah seorang yang berkenan dipimpin dengan baik. Seorang anggota paduan suara menyadari hal ini sepenuhnya, paduan suaranya akan bagus jika dipimpin oleh kondak yang baik dan anggota paduan suara yang mau dipimpin.

Hal lain tak kalah penting adalah masing-masing anggota belajar dìsplin dengan waktu latihan. Seorang anggota paduan suara akan mengelola waktunya dengan baik. Tarohlah tak ada kelonggaran waktu namun seorang anggota paduan suara akan memiliki keahlian untuk mengelola waktu. Apalagi dalam merencanakan konser atau event mengikuti suatu festifal akan memiliki suatu proses kepemimpinan yang baik mulai dari perencanaan, monitoring hingga evaluasi. Ini proses yang secara tidak disengaja tetapi secara alamiah membentuk anggota paduan suara dalam hal leadership. Dia akan berpikir untuk membagi dan mengelola waktunya membangun kekompakan mencapai tujuan dll. Sikap seperti ini akan terbentuk secara tidak sengaja di dalam diri seorang anggota paduan suara. Masih berkaitan dengan itu, seorang anggota paduan suara juga akan sering memahami anggota yang lain jika terlambat misalnya mengikuti latihan akan selalu berpikir positip dan dapat memahami keterlambatan orang lain tanpa harus marah2 tetapi terstruktur untuk pola berpikir positip.

Hal yang luar biasa lagi adalah memadu suarau yang berbeda menjadi harmoni yang indah, ini adalah suatu seni yang melekat dalam seorang anggota paduan suara. Seorang yang kencang dan keras suaranya bersedia menurunkan volumenya agar seimbang dengan suara lainnya membentuk harmoni. Ini suatu seni bagaimana dia menyesuaikan dirinya dan suaranya dengan yang lain demi menciptakan harmoni yang indah. Dalam paduan suara memang sumbang bagi penonjolan personal, kalaupun ada yang mungkin harus ada lagu solo dalam lagu tertentu. Yang utama adalah bersedia memadu diri, mendengar orang lain demi tercipta harmoni indah dimiliki oleh seorang anggota paduan suara yang baik.

Dalam paduan suara ada terus proses belajar, lagu2 yang tidak dikenal sama sekali dipelajari not demi not, pengalan birama demi penggalan birama, dsri solmisasi hingga syair2 dinyanyikan menurut melodinya dan jiwa lagu. Disini bisa kita bilang bahwa seorang anggota paduan suara tidak mengenal menyerah sebelum menguasai lagunya. Lagu demi lagu dipelajari dan tidak akan pernah puas dengan lagulagu yang diketahuinya, namun akan terus belajar dan belajar akan lagu-lagu baru lainnya. Ini jiwa seni seorang yang memikiki kecintaan dalam paduan suara yg terus memacu diri belajar lagu-lagu baru. Sungguh ada keindahan tersendiri di dalamnya. Saya dapat banyangkan jika seorang pemimpin memiliki keinginan belajar yang luar biasa, gigih dan tidak mengenal lelah tentu kepemimpinannya akan innovatif.

Ada persekutuan dan memelihara sikap tim. Sikap ini ada dalam diri seorang anggota paduan suara. Bukan berarti tak ada ego, namun egonya dipersembahkan untuk kerjasama tim. Semua anggota paduan suara menyadari potensi masing masing dan ini bisa jalan kalau sejua bekerja secara team. Jiwa dan value demikian sangat berharga dalam sebuah kepemimpinan, masing2 potensi diberdayakan menuju suatu tujuan. Selain tim makna kebersamaan dan solidaritas dalam anggota paduan suara akan tumbuh dengan sendirinya.

Tentu masih banyak lagi yang dapat kuta katakan tentang keahkian, nilai dan proses pembelajaran bagi seorang anggota paduan suara. Bagi saya sukses menjadi anggota paduan suara sudah melebihi latihan kepemimpinan dasar apapun.

Selamat buat seluruh remaja naposo bulung HKBP yang mengikuti festifal koor se HKBP, saya yakin festifal ini diadakan bukan untuk suatu trofi namun didalam paduan suara itu semua anggota telah memasuki proses pembelajaran kepemimpinan yang indah. Saya yakin kelak dari anggota padua suara seluruh Distrik HKBP dapat menerapkan kepemimpinan yang memiliki nilai seni yang tinggi dalam bidang dan professinya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ORSNG BENAR HIDUP OLEH IMAN

 Kotbah Minggu XX Stlh Trinitatis Minggu, 13 Oktober 2024 Ev: Habakuk 2:1-4 ORANG BENAR HIDUP OLEH IMAN Selamat Hari Minggu! Sahabat yang ba...